KUMPULAN BERBAGAI FUNGSI PADA MS. EXCEL
NAMA : ALFREDO BRENDIS YULIMAN
NIM : 11180045
KELAS : 1PAK1
DOSEN : Ibu RINI NURAINI S.T., M.Kom
6. COUNT-IF
=OR(5<1;9<7) => bernilai FALSE
=VLOOKUP(C3;TABEL1;2;1)
=HLOOKUP(C3;TABEL2;1;0).
NIM : 11180045
KELAS : 1PAK1
DOSEN : Ibu RINI NURAINI S.T., M.Kom
KUMPULAN BERBAGAI FUNGSI PADA MS. EXCEL
1. SUM – Digunakan untuk menghitung jumlah data
Bentuk penulisan fungsi SUM adalah ” =Sum(angka1;angka2;…) ”
Contoh
=Sum (3;10;1) => hasilnya 14
Bentuk penulisan fungsi SUM adalah ” =Sum(angka1;angka2;…) ”
Contoh
=Sum (3;10;1) => hasilnya 14
2. AVERAGE – Digunakan untuk menghitung rerata/ rata-rata.
Bentuk penulisannya adalah ” =AVERAGE(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh:
=AVERAGE(2;4;3) => hasilnya adalah 3
=AVERAGE(A1:A5) => mencari nilai rata-rata dari isi sel A1 sampai A5
Bentuk penulisannya adalah ” =AVERAGE(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh:
=AVERAGE(2;4;3) => hasilnya adalah 3
=AVERAGE(A1:A5) => mencari nilai rata-rata dari isi sel A1 sampai A5
3. MAX – Digunakan untuk mencari nilai maksimal dari satu set data
Bentuk penulisannya adalah ” =MAX(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh:
=MAX(2;4;10;6;8) => hasilnya adalah 10
=MAX(A1:A5) => akan mencari nilai maksimal dari A1 sampai A5
Bentuk penulisannya adalah ” =MAX(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh:
=MAX(2;4;10;6;8) => hasilnya adalah 10
=MAX(A1:A5) => akan mencari nilai maksimal dari A1 sampai A5
4. MIN – Digunakan untuk mencari nilai minimal dari satu set data
Bentuk penulisannya adalah ” =Min(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh
=MIN(2;4;10;6;8) => hasilnya adalah 2
=MIN(A1:A5) => akan mencari nilai minimal dari A1 sampai A5
Bentuk penulisannya adalah ” =Min(nilai1;nilai2;…) ”
Contoh
=MIN(2;4;10;6;8) => hasilnya adalah 2
=MIN(A1:A5) => akan mencari nilai minimal dari A1 sampai A5
5. COUNT – Digunakan untuk menghitung berapa buah argumen yang berisi data numerik
Bentuk penulisannya adalah ” =COUNT(argumen1;argumen2;…) ”
Contoh
=COUNT(2;”A”;”B”;5;7) => Hasilnya adalah 3
Bentuk penulisannya adalah ” =COUNT(argumen1;argumen2;…) ”
Contoh
=COUNT(2;”A”;”B”;5;7) => Hasilnya adalah 3
6. COUNT-IF
Gunakan COUNTIF, salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan.
Secara sederhana, COUNTIF berbentuk sebagai berikut:
=COUNTIF(Tempat Anda ingin mencari?, Apa yang ingin dicari?)
Misalnya:
=COUNTIF(A2:A5,"London")
=COUNTIF(A2:A5,A4)
Fungsi Logika dalam Microsoft Excel
1. NOT – Jika nilai argumen logika nya TRUE maka hasilnya akan bernilai NOT. Demikian juga sebaliknya.
Bentuk penulisannya ” =NOT(nilai logika) ”
Contoh
=NOT(4>5) => hasilnya adalah TRUE
2. AND – Dipakai untuk menggabungkan nilai logika dari beberapa nilai logika menjadi satu nilai logika baru. Hasilnya akan bernilai TRUE bila seluruh logika yang digabungkan bernilai TRUE.
Bentuk penulisannya adalah ” =AND(logika1;logika2;…) ”
Contoh =AND(5>1;3<7) => akan bernilai TRUE
3. OR – Sama dengan logika And namun, untuk logika Or hasilnya akan bernilai TRUE jika salah satu nilai logika yang digunakan bernilai TRUE. Akan bernilai False bila tidak ada nilai logika yang bernilai TRUE.
Bentuk penulisannya adalah ” =OR(logika1;logika2;…) ”
Contoh:
=OR(5>1;9<7) => bernilai TRUE=OR(5<1;9<7) => bernilai FALSE
4. IF – fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika.
Bentuk penulisannya ” =IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah) ”
Contoh:
=IF(E4>80;”Lulus”;”Gagal”) maka hasilnya “Lulus” jika E4>80, jika E4 kurang dari 80 maka hasilnya “Gagal”.
Fungsi Pencarian dan Referensi dalam Microsoft Excel
1. VLOOKUP – Fungsi Vlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no kolom (data tersusun secara vertikal).
Bentuk Penulisan
=VLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Kolom_Tabel_Rujukan;Rangelookup)
Contoh:
=VLOOKUP(C3;$F$3:$G$7;2;TRUE)=VLOOKUP(C3;TABEL1;2;1)
2. HLOOKUP – Fungsi Hlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no baris (data tersusun secara horizontal).
Bentuk Penulisan
=HLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Baris_Tabel_Rujukan;Rangelookup)
Contoh :
=HLOOKUP(C3;$F$3:$I$4;1;FALSE).=HLOOKUP(C3;TABEL2;1;0).
*** SEMOGA BERMANFAAT ***
Bermanfaat sekali 👍
BalasHapusMengingat kan kita belajar computer di awal awal kenal komputer Terimakasih
BalasHapusWaw, bermanfaat
BalasHapusTerimakasih :)
HapusMantap kali, sangat membantu
BalasHapusTerimakasih :)
BalasHapusMantap bosku
BalasHapusterimakasih )
HapusWahhh setelah saya baca ini, saya tidak bingung lagi gan. Thx info-infonya ya
BalasHapusTerimakasih :)
HapusBagus banget buat nambah ilmu kita
BalasHapusMembantu artikelnya. Izin share ya gan :)
BalasHapusTerimakasih. Boleh kak :)
HapusSangat bermanfaat. Penjelasannya mudah dimengerti
BalasHapusTerimakasih kak :)
HapusMantap bro ..sangat bermanfaat sekali
BalasHapusTerimakasih :)
HapusSngat membantu artikelnya, Terimakasih...
BalasHapusbagus,, sangat bermanfaat👌👌
BalasHapusSo helpful thank you min👍👍👍👍
BalasHapusTerimakasih :)
HapusWah...sangat membantu artikelnya, terimakasih!
BalasHapusTerimakasih :)
HapusBisa dipake di PowerPoint gak nih?
BalasHapusMaaf, tidak bisa di power point. hanya bisa di ms. excel :)
Hapussangat membantu! 👍🏻
BalasHapusSangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan...
BalasHapusterimakasih :)
HapusSangat bermanfaat infonya gaez didlm dunia kerja sangat penting menggunakan pvoot , vlook up ,countif ,dll. U mengerjakan data lebih mudah dan sangat cepat jika dlm keadaan ASAP.Good Luck bro alfredo
BalasHapusterimaksih kakak :)
HapusSaya tidak mengerti..tpi saya rasa ini penting.
BalasHapussemangat belajar ya kak :)
HapusIni sangat membantu thanks
BalasHapusTerimakasih :)
Hapusterimakasih kakak :)
BalasHapusJadii teringat saat saya SMA menggunakan rumus2 Excel tersebut, terimakasih saya jadi ingat kembali rumus2 tersebut hehe
BalasHapusGood article..
BalasHapusIzin share bro